Pemimpin Minahasa jaman tempo dulu terdiri dari dua golongan yakni Walian dan Tona’as. Walian mempunyai asal kata “Wali” yang artinya mengantar jalan bersama dan memberi perlindungan. Golongan ini mengatur upacara agama asli Minahasa hingga disebut golongan Pendeta. Mereka ahli membaca tanta-tanda alam dan benda langit, menghitung posisi bulan dan matahari denga patokan gunung, mengamati munculnya bintang-bintang tertentu seperti “Kateluan” (bintang tiga), “Tetepi” (Meteor) dan sebagainya untuk menentukan musim menanam. Menghafal urutan silsilah sampai puluhan generasi lalu, menghafal ceritera-ceritera dari leluhur-leluhur Minahasa yang terkenal dimasa lalu. Ahli kerajinan membuat pelaratan rumah tangga seperti menenun kain, mengayam tikar, keranjang, sendok kayu, gayung air.
Golongan kedua adalah golongan Tona’as yang mempunyai kata asal “Ta’as”. Kata ini diambil dari nama pohon kayu yang besar dan tumbuh lurus keatas dimana segala sesuatu yang berhubungan dengan kayu-kayuan seperti hutan, rumah, senjata tombak, pedang dan panah, perahu. Selain itu golongan Tona’as ini juga menentukan di wilayah mana rumah-rumah itu dibangun untuk membentuk sebuah Wanua (Negeri) dan mereka juga yang menjaga keamanan negeri maupun urusan berperang.
Sebelum abad ke-tujuh, masyarakat Minahasa berbentuk Matriargat (hukum ke-ibuan). Bentuk ini digambarkan bahwa golongan Walian wanita yang berkuasa untuk menjalankan pemerintahan “Makarua Siouw” (9x2) sama dengan Dewan 18 orang leluhur dari tiga Pakasa’an (Kesatuan Walak-Walak Purba).
Enam leluhur dari Tongkimbut (Tontemboan sekarang) adalah RAMUBENE, suaminya Mandei, RIWUATAN TINONTONG (penenun), suaminya Makaliwe berdiam di wilayah yang sekarang Mongondow, PINU’PURAN, suaminya Mangalu’un (Kalu’un sama dengan sembilan gadis penari), RUKUL suaminya bernama Suawa berdiam di wilayah yang sekarang Gorontalo, LAWI WENE suaminya Manambe’an (dewa angin barat) Sambe’ang artiinya larangan (posan). MAKA ROYA (penyanyi Mareindeng) sauminya bernama Manawa’ang.
Sedangkan enam leluhur yang berasal dari Tombulu adalah : KATIWI denga suaminya Rumengan (gunung Mahawu), KATIAMBILINGAN dengan suaminya Pinontoan (Gunung Lokon), WINENE’AN dengan suaminya Manarangsang (Gunung Wawo), TARETINIMBANG dengan suaminya Makawalang (gunung Masarang), WOWRIEi dengan suaminya Tingkulengdengan (dewa pembuat rumah, dewa musik kolintang kayu) PAHIZANGEN dengan suaminya Kumiwel ahli penyakit dari Sarangsong.
Sementara itu enam leluhur yang berasal dari Tontewo (wilayah timur Minahasa) terdiri dari MANGATUPAT dengan suaminya Manalea (dewa angin timur), PORIWUAN bersuami Soputan (gunung Soputan), MONGINDOUAN dengan suaminya Winawatan di wilayah Paniki, INAWATAN dengan suaminya Kuammbong (dewa anwan rendah atau kabut), MANAMBEKA (sambeka sama dengn kayu bakar di pantai) dewa angin utara, istirnya tidak diketahui namanya kemudian istri Lolombulan. Pemimpin panglima perang pada jaman pemerintahan golongan Walian adalah anak lelaki Katiwei (istri Rumengan) bernama Totokai yang menikah dengan Warangkiran puteri dari Ambilingan (istri Pinontoan).
Pada abad ke-tujuh telah terjadi perubahan pemerintahan. Paad waktu itu di Minahasa – yang sebeumnya dipegang golongan Walian wanita-beralih ke pemeritahan golongan TONA’AS Pria. Mulai dari sini masyarakat Matriargat Minahasa yang tadinya menurut hukum ke-Ibuan berubah menjadi masyarakat Patriargat (hukum ke-Bapaan)., Menjalankan pemerintahan “Makatelu pitu (3x7=21)" atau Dewan 21 orang leluhur pria.
Wakil-wakil dari tiga Pakasa’an Tongkimbut, Tobulu, Tontowo, mereka adalah ; KUMOKOMBA yang dilantik menjadi MUNTU-UNTU sebagai pemimpin oleh ketua dewan tua-tua “Potuosan” bernama KOPERO dari Tumaratas. MAINALO dari Tonsea sebagai wakil, SIOUW KURUR asal Pinaras sebagai penghubung dibantu RUMIMBU’UK (Kema) dan TUMEWANG (Tondano) MARINOYA kepala Walian, MIO-IOH kepala pengadilan dibantu TAMATULAR (Tomohon dan TUMILAAR (Tonsea), MAMARIMBING ahli meramal mendengar bunyi burung, RUMOYONG PORONG panglima angkatan laut di pulau Lembe, PANGERAPAN di Pulisan pelayaran perahu, PONTO MANDOLANG di Pulisan pengurus pelabuhan-pelabuhan, SUMENDAP di Pulisan pelayaran perahu, RORING SEPANG di awaon Tompaso, pengurus upacara-upacara di batu Pinwetengan, MAKARA’U (Pinamorongan), PANA’ARAN (Tanawangko), TALUMANGKUN (Kalabat), MAKARAWUNG (Amurang), REPI (Lahendong), PANGEMBATAN (Lahendong).
Dalam buku “Toumbulusche Pantheon” tulisan J.G.F. Riedel tahun 1894 telah dikemukakan tentang sistem dewa-dewa Tombulu yang ternyata mempunya sistem pemerintahan dewa-dewa seluruh Minahasa dengan jabatan yang ditangani leluhur tersebut. Pemerintahan golongan TONA’AS abad ke-tujuh sudah punya satu pimpinan dengan gelar MUNTU-UNTU yang dijabat secara bergantian oleh ketiga sub-etnis utama Minahasa. Misalnya leluhur PONTO MANDOLANG mengatur pelabuhan Amurang, Wenang (Manado) Kema dan Bentenan dengan berkedudukan di Tanjug Pulisan. Tiap sub-etnis Minahasa mempunya panglima perangnya sendiri-sendiri tapi panglima perang tertinggi adalah raja karena dilantik dan dapat diganti oleh dewan tua-tua yang disebut “POTUOSAN”.
Dari nama-nama leluhur wanita Minahasa abad ke-7 seperti RIWUATAN asal kata RIWU atau HIWU artinya alat menenun, PORIWUAN asal kata RIWU alat menenun, RAUMBENE asal kata WENE’ artinya padi, menunjukkan Minahasa abad ke-7 telah mengenal padi dan membuat kain tenun.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar
Terima Kasih Telah Berkunjung di Amongena