0 Comment
Langowan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa yang saat ini terbagi atau telah dimekarkan menjadi 4 (empat) kecamatan yaitu Langowan Timur, Langowan Barat, Langowan Utara dan Langowan Timur.

LANGOWAN TIMUR
Secara Geografis Langowan Timur seluas 13,7 km² dan berbatasan dengan Kecamatan Langowan lainnya dan berbatasan dengan Kecamatan Kakas Barat. Langowan Timur juga merupakan pusat pertumbuhan ekonomi di bagian tengah Kabupaten Minahasa. Di kecamatan ini terdapat sejumlah pertokoan, pasar, dan terminal. yang mana Kecamatan Langowan Timur menjadi pusat mobilitas barang dan jasa. Berdasarkan hasil Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan (P4B) tahun 2004 jumlah penduduk Kecamatan Langowan Timur adalah 17.715 orang, dengan 5.243 kepala keluarga. 

Pariwisata yang menarik dari Kecamatan Langowan Timur adalah  Pasar Langowan. Pasar ini menjual segala kebutuhan masakan Minahasa yang terkenal dengan masakan ekstrim di Indonesia dan dunia internasional. Bagaimana tidak, pasalnya pasar ini menyediakan beberapa hewan yang terasa aneh atau tidak seharusnya dijadikan santapan manusia. Dipasar ini menjual Tikus ekor putih, ular, babi hutan, bebek, ayam, kodok / katak, biawak, paniki atau kekelawar dan RW atau Anjing.

Berikut nama-nama desa yang ada di Kecamatan Langowan Timur.
  1. Amongena Satu
  2. Amongena Dua
  3. Amongena Tiga
  4. Karondoran
  5. Sumarayar
  6. Teep
  7. Waleure
  8. Wolaang.

LANGOWAN BARAT
Kecamatan Langowan Barat memiliki luas 349 hektare dan berpenduduk 18.873 jiwa (2006), dengan rincian 9.609 laki-laki dan 9.264 perempuan, dengan 5.597 kepala keluarga. Disebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tompaso Barat, Kecamatan Tompaso dan Kecamatan Langowan Utara. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Minasaha Tenggara.. Disebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara. Sedangkan disebelah tiur berbatasan dengan Kecamtan Langowan Timur dan Kecamatan Langowan Selatan. Pada umumnya kehidupan masyarakat berpenghasilan hasil dari bercocok tanam dan peternakan.

Berikut Nama-Nama desa yang ada di Kecamatan Langowan Barat.
  1. Ampreng
  2. Kopiwangker
  3. Koyawas
  4. Lowian
  5. Noongan
  6. Noongan Dua
  7. Noongan Tiga
  8. Paslaten
  9. Raringis
  10. Raranon
  11. Raranon Selatan
  12. Raranon Utara
  13. Tounelet
  14. Tumaratas
  15. Tumaratas Dua
  16. Walewangko
































Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung di Amongena

 
Top